MENU

SHARE
Dokter Traveler

Ada Benjolan pada Bayi? Bisa Jadi itu adalah Hemangioma

TRANS TV - Ada Benjolan pada Bayi? Bisa Jadi itu adalah Hemangioma | Pada dasarnya hemangioma adalah pertumbuhan yang tidak normal pada pembuluh darah, sering kali terlihat sebagai benjolan merah di kulit. Ini merupakan salah satu jenis tumor jinak yang paling umum ditemukan pada bayi dan anak-anak. Meskipun tampak seperti tanda lahir, benjolan pada bayi yang potensial sebagai hemangioma sebenarnya adalah pertumbuhan jaringan yang aktif.

Secara umum, benjolan pada bayi yang dikategorikan hemangioma dibagi menjadi dua kategori utama:

  • Hemangioma infantil: Ini adalah jenis yang paling sering dijumpai. Muncul setelah kelahiran bayi dan berkembang pesat dalam beberapa bulan pertama, lalu secara perlahan mengecil dan bisa hilang dengan sendirinya.
  • Hemangioma kongenital: Jenis ini sudah ada sejak lahir. Hemangioma kongenital lebih jarang terjadi dan pertumbuhannya cenderung lebih lambat dibandingkan hemangioma infantil.

Penyebab pasti benjolan pada bayi seperti hemangioma ini masih belum sepenuhnya jelas. Namun, para ahli percaya bahwa faktor genetik dan lingkungan mungkin berkontribusi terhadap perkembangannya.

RELATED VIDEO