MENU

SHARE
Tanah Air Beta

Tari Cepetan dari Kabupaten Kebumen Menyimpan Makna Dalam

TRANS TV - Tari Cepetan dari Kabupaten Kebumen Menyimpan Makna Dalam | Banyaknya kesenian yang ada di Jawa Tengah, terutama di Kabupaten Kebumen, bikin masyarakat setempat patut merasa bangga dengan budaya lokal yang dimiliki. Salah satu kesenian yang terkenal di kabupaten Kebumen adalah seni tari daerah. Berbeda dengan tari modern, seni tari daerah ini punya ciri khas dan menyimpan makna yang dalam di setiap gerakannya.

Menurut informasi dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Kebumen, salah satu kesenian yang ada di sana adalah tari Cepetan. Tari Cepetan ini pertama kali muncul di bagian utara Kebumen, khususnya di daerah Pejagoan seperti Watulawang, Pengaringan, Peniron, Aditirto, Karanggayam, dan sekitarnya. Kesenian Cepetan ini mengandung elemen mistis dan makna spiritual, sehingga gerakannya tidak sefleksibel tari tradisional Jawa pada umumnya.

Nama kesenian Cepetan Alas berasal dari gabungan kata Cepet dan Alas. Konon, cepet adalah salah satu makhluk halus dalam cerita rakyat Kebumen yang ada di pedesaan. Sementara itu, kata Alas dalam bahasa Jawa berarti hutan. Dalam pertunjukan tari Cepetan, para penari mengenakan topeng yang terbuat dari kayu pule yang dihias dengan ijuk menyerupai rambut.

RELATED VIDEO