MENU

SHARE
Islam Itu Indah

Apa Akibatnya jika Sholat Khusyuk Tak Terlaksana dengan Baik?

WISATA LIBURAN - Apa Akibatnya jika Sholat Khusyuk Tak Terlaksana dengan Baik? |Sholat harus khusyuk yang merupakan syarat sah sholat dan kunci untuk mendapatkan pahala yang maksimal. Sholat yang khusyuk akan membawa ketenangan jiwa dan pikiran, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam kata lain juga bisa diartikan bahwa sholat jangan buru-buru, harus dilakukan dengan penuh ketenangan dan kekhusyukan.

Sholat yang buru-buru dapat menyebabkan beberapa hal penting terabaikan,terlalaikan dan terlewatkan, seperti:

  • Melalaikan Rukun Sholat: Ketika sholat buru-buru, ada kemungkinan kita akan melalaikan rukun sholat, seperti membaca Al-Fatihah, rukuk, dan sujud. Hal ini dapat menyebabkan sholat kita menjadi tidak sah.
  • Tidak Merasakan Kekhusyukan: Sholat yang buru-buru biasanya tidak khusyuk. Hal ini karena hati dan pikiran kita tidak fokus pada sholat, melainkan terburu-buru untuk menyelesaikannya.
  • Mengurangi Pahala Sholat: Sholat yang buru-buru akan mengurangi pahala sholat. Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya seorang hamba apabila mengerjakan shalat, maka tidaklah ia dituliskan baginya dari shalatnya itu kecuali separuhnya, sepertiganya, seperempatnya, seperlimanya, hingga sepersepuluhnya, sampai ia shalat dengan khusyuk.” (HR. Ahmad)
  • Menimbulkan Kesalahan: Ketika sholat buru-buru, ada kemungkinan kita akan melakukan kesalahan dalam bacaan sholat atau gerakan sholat. Hal ini dapat menyebabkan sholat kita menjadi tidak sah.

Photo by Masjid Pogung Dalangan on Unsplash

RELATED VIDEO